WELCOME TO MY ISLAMIC BLOG

Kamis, 08 Maret 2012

HADITS ARBA'IN



Hadits Arba'in


Hadits ke-3
RUKUN ISLAM YANG LIMA

Abu Abdurrahman bin Umar bin Khathab ra berkata: Aku mendengar Rasulullah saw bersabda "Islam didirikan di atas lima perkara; yaitu bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan Shalat, mengeluarkan zakat, mengerjakan ibadah haji ke Baitullah, dan berpuasa pada bulan Ramadhan."
(Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim)


Hadits ke-5
AMALAN YANG TERTOLAK

Ummul Mukminin, Ummu Abdillah Aisyah ra berkata bahwa Rasulullah saw bersabda, "Barangsiapa membuat-buat dalam urusan (agama) kami ini amalan yang bukan bagian darinya, ia tertolak."
(Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim)
Dalam Riwayat Imam Muslim disebutkan, barangsiapa mengerjakan suatu amalan yang bukan berdasar perintah kami, ia tertolak."


Hadits ke-6
YANG HALAL DAN YANG HARAM

Abu Abdullah Nu'man bin Basyir ra berkata: Aku mendengar Rasulullah saw bersabda, "Sesungguhnya yang halal itu jelas, dan yang haram itu juga jelas, dan diantara keduanya ada perkara yang samar-samar, kebanyakan manusia tidak mengetahuinya. Maka barangsiapa menjaga dirinya dari yang samar-samar itu,
berarti ia telah membersihkan agama dan kehormatannya, dan barangsiapa jatuh ke dalam wilayah samar-samar, ia telah jatuh ke dalam wilayah haram, seperti penggembala yang berada di sekeliling batas tanah gembalaanya, lalu masuklah ia ke dalamnya. Ingatlah bahwa setiap raja memiliki padang gembala dan ingatlah bahwa 'padang gembala' Allah adalah apa-apa yang diharamkan-Nya. Ingatlah bahwa dalam jasad ada sekerat daging, jika ia baik, baiklah jasad seluruhnya, jikaia rusak, rusaklah jasad seluruhnya. Ketahuilah bahwa segumpal daging itu adalah hati."
(Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim)


Hadits ke-7
AGAMA ITU NASIHAT

Diriwayatkan dari Abu Ruqayah Tamim bin Aus Ad-Daariy ra, sesungguhnya nabi saw bersabda, "Agama itu nasihat." Kami bertanya, "Untuk siapa?" Beliau menjawab, "Untuk Allah, Kitab-Nya, Rasul-nya, para pemimpin kaum muslimin, dan umumnya mereka."
(Diriwayatkan oleh Imam Muslim)


Hadits ke-8
KEHORMATAN SEORANG MUSLIM

Ibnu Umar ra berkata bahwa sesungguhnya Rasulullah saw bersabda, "Saya diutus untuk memerangi manusia sehingga mereka bersaksi bahwa tiada Tuhan kecuali Allah dan sesungguhnya Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, dan mengeluarkan zakat. Apabila mereka mengerjakan hal itu, terpeliharalah dariku darah dan hartanya, kecuali dengan hak Islam, sedang perhitungan mereka terserah kepada Allah swt."
(Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim)


Hadits ke-9
JAUHI LARANGAN DAN TUNAIKAN PERINTAH

Diriwayatkan dari Abu hurairah ra bahwa Abdurrahman bin Sakhr berkata, Saya mendengar Rasulullah saw bersabda, "Apapun yang saya larang untuk kalian lakukan, jauhilah; dan apapun yang saya perintahkan untuk kalian lakukan, kerjakanlah semampu kalian. Sesungguhnya yang telah membinasakan orang-orang sebelum kalian adalah banyaknya pertanyaan dan perselisihan mereka terhadap nabi-nabi mereka."
(Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim)


Hadits ke-10
TIDAK DITERIMA KECUALI YANG BAIK

Abu Hurairah ra. berkata bahwa Rasulullah saw bersabda, "Sesungguhnya Allah
itu mahabaik, tidak menerima kecuali sesuatu yang baik. Dan Allah
memerintahkan kepada orang-orang mukmin sebagaimana Dia memerintahkan kepada
para rasul. Allah swt Berfirman, 'Hai para rasul, makanlah dengan segala
sesuatu yang baik dan lakukanlah pekerjaan yang baik.' Dia juga berfirman,
'Hai orang-orang yang beriman, makanlah apa-apa yang baik dari yang telah
Kami rezekikan kepadamu.' Kemudian Rasulullah saw menceritakan perihal
seseorang yang menempuh perjalanan jauh, rambutnya kusut masai dan penuh
debu. Dia menadahkan kedua tangannya ke langit sembari berkata, 'Wahai
Tuhan! Wahai Tuhan!' sedangkan makanannya haram, minumannya haram,
pakaiannya haram, dan perutnya dikenyangkan dengan makanan yang haram, maka
bagaimana mungkin permohonannya dikabulkan?"
(Diriwayatkan oleh Imam Muslim)


Hadits ke-11
TINGGALKAN YANG MERAGUKAN

Abu Muhammad Hasan bin Ali bin Abi Thalib, cucu dan kesayangan Rasulullah saw berkata, Saya hafal salah satu dari sabda Rasulullah saw, "Tinggalkanlah apa yang meragukanmu dan kerjakanlah apa yang tidak meragukanmu."
(Diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Nasa'i. Tirmidzi berkata, "ini hadits hasan lagi shahih")


Hadits ke-12
KESEMPURNAAN ISLAM SESEORANG

Abu Hurairah ra berkata bahwa Rasulullah saw telahbersabda, "Sebagian dari kebaikan keislaman seseorang ialah meninggalkan sesuatu yang tidak berguna baginya."
(Hadits Hasan diriwayatkan oleh Tirmidzi, dan lainnya)


Hadits ke-13
CINTA SAUDARA PERTANDA IMAN

Abu Hamzah Anas bin Malik ra, pelayan Rasulullah saw berkata; Rasulullah saw bersabda, "Tidak beriman seseorang diantara kalian hingga ia mencintai saudaranya sebagaimana mencintai dirinya sendiri."
(Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim)


Hadits ke-14
HALALNYA DARAH SEORANG MUSLIM

Ibnu Mas'ud ra berkata bahwa Rasulullah saw bersabda, "Tidak halal darah seorang muslim - yang bersaksi bahwa tidak ada sesembahan selain Allah dan aku adalah utusan Allah - Kecuali karena salah satu dari tiga hal : berzina padahal ia sudah menikah, membunuh orang, meninggalkan agamanya dan memisahkan diri dari jama'ah."
(Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim)


Hadits ke-16
JANGAN MARAH

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra bahwa seorang laki-laki berkata kepada Nabi saw, "Berilah wasiat kepadaku". Nabi saw bersabda, "Jangan marah." Beliau mengulanginya beberapa kali dan bersabda, "Jangan marah."
(Diriwayatkan oleh Imam Bukhari)


Hadits ke-17
KEBAIKAN PADA SEGALA SESUATU

Abu Ya'la bin Aus ra meriwayatkan dari Rasulullah saw bahwa beliau bersabda, "Sesungguhnya Allah telah menetapkan kebaikan atas segala sesuatu. Karena itu, jika engkau membunuh (dalam peperangan), bunuhlah dengan baik; jika kamu menyembelih, sembelihlah dengan baik. Dan hendaklah seseorang dari
kalian menajamkan pisaunya dan menyenangkan (tidak menyiksa) hewan sembelihannya."
(Diriwayatkan oleh Imam Muslim)

 
Hadits ke-18
BERTAQWALAH DI MANAPUN KAU BERADA

Abu Dzar Jundub bin Junadah dan Abu Abdurrahman Mu'adz bin Jabal ra meriwayatkan bahwa Rasulullah saw bersabda, "Bertaqwalah kepada Allah di manapun engkau berada. Iringilah segera kejahatan dengan kebaikan, niscaya kebaikan itu menghapusnya, dan pergaulilah sesama manusia dengan budi pekerti yang baik."
(Diriwayatkan oleh Tirmidzi bahwa ia berkata, "itu adalah hadits hasan," dan dalam sebagian kitab disebutkan sebagai hasan lagi shahih)


Hadits ke-19
JAGALAH ALLAH, ALLAH MENJAGAMU

Abu Abbas, Abdullah bin Abbas ra berkata, Saya pernah berada di belakang Nabi saw pada suatu hari. Beliau bersabda, "Wahai anak, saya hendak mengajarimu beberapa kalimat, 'Jagalah Allah niscaya Allah menjagamu; jagalah Allah niscaya engkau mendapati-Nya bersamamu; jika engkau meminta, memintalah kepada Allah; jika engkau minta tolong, minta tolonglah kepada Allah. Ketahuilah bahwasanya, jika umat manusia beersatu untuk memberimu manfa'at dengan sesuatu, mereka tidk dapat melakukannya kecuali dengan sesuatu yang telah Allah tetapkan bagimu, dan jika mereka bersatu untuk mencelakakanmu dengan sesuatu, mereka tidak dapat melakukannya kecuali dengan sesuatu yang telah Allah tetapkan bagimu. Pena telah diangkat dan lembaran-lembaran telah mengering (tintanya)."
(Diriwayatkan oleh Tirmidzi. Ia berkata, "itu hadit hasan lagi shahih)

Dalam riwayat selain Tirmidzi disebutkan, "Jagalah Allah niscaya engkau mendapati-Nya di hadapanmu; kenalilah Allah di waktu lapang niscaya Dia mengenalmu di saat sulit. Ketahuilah bahwa apa yang luput darimu tidak bakal mengenaimu, dan apa yang mengenaimu tidak bakal luput darimu tidak bakal mengenaimu, dan apa yang mengenaimu tidak bakal luput darimu. Ketahuilah bahwa bersama kesabaran ada kemenangan; bersama kesusahan ada jalan keluar; dan bersama kesulitan ada kemudahan."


Tidak ada komentar:

Posting Komentar